Minggu, 23 Desember 2012

They Pissin me off!

Baru saja selesai meeting Safety Day. Not going so well. Salah seorang ekspatriat disinggung oleh pihak kontraktor tentang prosedur yang tidak ia lakukan.
its about Working at Heights procedure. Yang selama ini berjalan di lapangan adalah medikal membantu team worker yang bekerja di ketinggian dengan metode pengecekan tekanan darah sebelum mulai bekerja di ketinggian. Untuk kasusnya si expat adalah dia akan melakukan observasi dari ketinggian tanpa melakukan pengecekan tekanan darah sbelumnya. Sayangnya si bule ditegor oleh kontraktor karena hal itu dan ia merasa tersinggung.
Si bule salah? no. dia benar. memang secara prosedural, penegcekan tekanan darah memang tidak tercantum dalam requirement bekerja di ketinggian.
Kontraktor yang salah? ngga juga, prosedur pengecekan tekanan darah adalah best practice untuk mencegah kemungkinan terburuk dari pekerjaan di ketinggian, misalnya terjadi hilang kesadaran, atau hiper/hipotensi ketika di ketinggian dan lainnya. Bila kemungkinan itu terjadi, toh yang diinvestigasi balik-balik ke medikal.
awalnya juga si bule ga masalah ketika disuruh turun terlebih dahulu untuk diperiksa tekanan darahnya, di tidak keberatan dan pergi ke medikal untuk melakukannya. namun yang salah adalah masalah ini disampaikan di depan umum dalam forum meeting pagi, dengan cara yang kurang sopan.
"sebuah kesalahan besar" ungkap perwakilan kontraktor.
That's why right after the meeting he came to me and felt so pissed off. balik lagi dia menanyakan tentang basic requirement untuk bekerja di ketinggian. Gue ga bisa banyak komen, cuma bisa bilang "i know pak, i know" dan berharap dia bisa cukup sabar untuk melupakan apa yang barusan terjadi di meeting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar